BERITA

KOPERASI KARYAWAN SEMEN TONASA SELENGGARAKAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN



Pangkep (28/03), Koperasi Karyawan Semen Tonasa kembali menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan sebagai pertanggungjawaban Pengurus dan Badan Pengawas Kopkar Semen Tonasa untuk tahun buku 2012. RAT berlangsung di Auditorium Kantor Pusat PT Semen Tonasa dan dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, perindustrian dan perdagangan Kabupaten Pangkep, Ketua Dekopinda Kabupaten Pangkep, Direksi PT Semen Tonasa, serta perwakilan anggota Kopkar Semen Tonasa. RAT kali ini mengambil tema “Sejahtera Bersama Koperasiku”.

Kinerja Kopkar Semen Tonasa sebagaimana Laporan yang disampaikan oleh Ketua Kopkar Semen Tonasa, untuk tahun buku 2012 Kopkar Semen Tonasa memperoleh pendapatan sebesar 84,57% dari rencana. Realisasi pendapatan tahun 2012 yang diperoleh masih lebih tinggi 23,10% dari realisasi tahun 2011. Sedangkan sisa hasil usaha yang diperoleh untuk tahun buku 2012 sebesar 99,80% dari rencana dan mengalami pertumbuhan dari tahun 2011 sebesar 123,09%.

Selain dari sisi finansial, untuk mendukung kegiatan usaha PT Semen Tonasa terutama di bidang transportasi semen, Kopkar Semen Tonasa merealisasikan beberapa inisiatif dalam bentuk investasi diantaranya menambah 4 unit truck angkutan semen bag, merenovasi SPBU dan menambah 2 unit forklip. Diharapkan dengan adanya penambahan armada ini, Kopkar Semen Tonasa dapat lebih memaksimalkan perannya sebagai mitra kerja PT Semen Tonasa dalam mendistribusikan semen.

Pada acara pembukaan RAT, Direktur Produksi Semen Tonasa selaku pembina Kopkar Semen Tonasa menyampaikan bahwa Koperasi karyawan dibentuk untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat di sekitar perusahaan sehingga dalam mengambil kebijakan, Kopkar Semen Tonasa selalu berlandaskan pada asas ekonomi kerakyatan. Untuk tahun buku 2013, berbagai terobosan perlu dilakukan pengurus terutama dalam meningkatkan kinerja unit usaha. Selain itu, inovasi dan improvement unit usaha angkutan semen juga harus dilakukan dengan menambah jumlah armada angkutan semen bag, semen curah maupun angkutan lainnya. Sesuai harapan dari Pembina Kopkar Semen Tonasa ini dalam menutup sambutannya, bahwa kesejahteraan dan kesuksesan yang dicapai PT Semen Tonasa akan menjadi peluang kesuksesan Koperasi. Kesuksesan Koperasi akan memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kesejahteraan anggotanya akan memberikan kesejahteraan kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

Untuk mencapai target tahun 2013, Kopkar Semen Tonasa mengambil beberapa kebijakan atau inisiatif strategis diantaranya menjajaki kerjasama dengan perusahaan retail untuk unit usaha swalayan, merestrukturisasi layanan kredit anggota untuk unit usaha simpan pinjam, mengusulkan fee program pasti pas untuk unit usaha SPBU, meningkatkan volume penjualan semen melalui kemitraan dengan tukang dan melakukan penambahan armada angkutan zak mobil kapsul untuk unit usaha distribusi dan penjualan semen serta merealisasikan kontrak pembelian mesin pasted baru untuk unit usaha pabrik kantong semen.

Ketua Kopkar Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer menyampaikan bahwa Kopkar Semen Tonasa bercita-cita menjadi Koperasi terbaik di Indonesia dan dapat menjadi soko guru bisnis di PT Semen Tonasa.

Tentang Koperasi Karyawan Semen Tonasa

Koperasi Karyawan Semen Tonasa didirikan pada tanggal 5 September 1987 sesuai pengesahan Badan Hukum no. 4815/BH/IV/1988 tanggal 30 April 1988. Hingga tahun 2012, Kopkar Semen Tonasa memiliki jumlah keanggotaan 1,964 orang yang berasal dari Karyawan PT Semen Tonasa, Kopkar Semen Tonasa, PT Prima Karya Manunggal, YKST Pendidikan, Pensiunan PT Semen Tonasa, PT Biringkassi Raya, PT Topabiring, PT Tonasa Lines dan Dana Pensiun Semen Tonasa.

Visi Kopkar ST
  • Menjadi Koperasi yang terbaik dan terkenal khususnya di Sulawesi Selatan dan Indonesia pada umumnya.

Misi Kopkar ST
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya melalui peningkatan dan pengembangan potensi ekonomi yang dimiliki.
  • Menjadi mitra strategis PT semen Tonasa dan perusahaan afiliasinya untuk mensukseskan program-program perusahaan melalui peningkatan kegiatan usaha yang dilakukan oleh Koperasi, khususnya yang berkaitan langsung dengan kelancaran kegiatan perusahaan.

Tentang PT Semen Tonasa

PT Semen Tonasa merupakan perusahaan persemenan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terletak di Biring Ere Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1968. Saat ini, PT Semen Tonasa memiliki empat unit pabrik dengan kapasitas terpasang sebesar 6.000.000 ton semen per tahun.

Komposisi pemegang saham PT Semen Tonasa terdiri dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sebesar 99,9998% dan Koperasi Karyawan Semen Tonasa sebesar 0,0002%.

PT Semen Tonasa memproduksi semen yang dibuat dalam beberapa jenis sesuai kebutuhan pelanggan dengan merk dagang “Semen Tonasa”. Saat ini, perusahaan memperoduksi jenis PCC (Portland Composite Cement), OPC (Ordinary Portland Cement) atau tipe lain sesuai permintaan pelanggan.

Informasi lebih lanjut:
H.M Arifin, SH
Sekretaris Perusahaan PT Semen Tonasa
Telp: 0410-312345 ext. 1750, Website: www.sementonasa.co.id