BERITA

RUPS PT SEMEN TONASA TAHUN BUKU 2012



Makassar (19/04), Sebagai bagian dari tanggung jawab PT Semen Tonasa kepada Pemegang Saham dalam hal ini PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. maka pada hari Jumat 19 April 2013 bertempat di Masamba I Room Hotel Imperial Aryaduta Makassar, PT Semen Tonasa telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham untuk tahun buku 2012. Pelaksanaan RUPS Semen Indonesia Group ini adalah yang pertama kali dilakukan di luar Jakarta.

Sesuai dengan hasil keputusan RUPS yang disahkan oleh notaris Nidya Harun, SH, M.Kn, kinerja Perseroan tahun buku 2012 tercatat mengalami pertumbuhan dari tahun 2011. Pertumbuhan ini dapat dilihat dari beberapa pencapaian Key Performance Indicator Perseroan, yaitu:

  • Volume produksi semen meningkat sebesar 22,7%
  • Volume penjualan semen meningkat sebesar 18,5%
  • Laba sebelum pajak meningkat sebesar 18%
  • EBITDA absolute meningkat sebesar 22,3%
  • Penyaluran dana PKBL dan CSR meningkat 96,9%
  • Total aset meningkat sebesar 36,4%

Pencapaian kinerja tahun 2012 merupa¬kan pencapaian terbaik sepanjang perseroan beroperasi, bahkan pencapaian kinerja keuangannya khususnya ebitda telah menembus 1 Trilyun sebesar Rp 1,03 Trilyun atau men¬ingkat 22,3% dari pencapaian tahun sebelumnya, demikian yang disampaikan oleh Komisaris Utama Prof. Dr. dr. Idrus Paturusi, dalam buku Laporan Tahunan Perseroan.

Dilihat dari kinerja produksi, optimalisasi operasi perseroan telah berhasil meningkatkan realisasi produksi semen menjadi 4,7 juta ton (ter¬masuk produksi percobaan Tonasa 5) atau naik 22,7% dari produksi tahun se¬belumnya sebesar 3,9 juta ton dengan tingkat utilisasi sebesar 82,9% dari kapasitas terpa¬sang 6 juta ton semen pertahun (termasuk Tonasa 5).

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan, kecuali di tahun 2011 dapat dikatakan pertumbuhan Ebitda sangat kecil tercatat hanya 0,2% dibanding tahun 2010, akan tetapi dengan kerja keras management dan karyawan PT Semen Tonasa sehingga di tahun 2012 terjadi lonjakan Ebitda yang cukup tinggi mencapai 22,3% dibanding th 2011.

Pertumbuhan ini merupakan bentuk perwujudan komitmen Perseroan dalam mencapai target yang diberikan oleh pemegang saham. Keberhasilan Perseroan dalam mencapai kinerja juga merupakan keberhasilan Perseroan dalam menerapkan kebijakan dan strategi hingga saat ini.

Seiring dengan meningkatnya kinerja Perseroan, maka sebagai bentuk dari komitmen Perseroan terhadap pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar, Perseroan pun selalu menjadikan kegiatan Program Kemitraan, Bina Lingkungan dan Corporate Social Responsibility sebagai salah satu pilar dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Kinerja PKBL dan CSR tahun 2012 mencatatkan pertumbuhan sebesar 97% dari tahun 2011. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, penyaluran dana PKBL dan CSR meningkat sebesar 41,8% dari tahun 2010.

Selanjutnya dalam sambutan Laporan Tahunan Perseroan, Direktur Utama Ir. H. A. Unggul Attas mengemukakan peluang tahun 2013, bahwa meskipun ketidakpastian perekonomian global belum pulih, namun perekonomian dalam negeri optimis bertumbuh dikisaran angka 6,8%. Harapan akan kondusifnya dan keberlanjutan pembangunan nasional memberikan peluang besar perseroan untuk optimis dalam meningkatkan pen¬dapatan perseroan atas penetrasi pasar dan produksi tam¬bahan sebesar 2,5 juta ton sehingga target penjualan 6,5 juta ton dapat tercapai. Selain itu iklim kondusif perbankan atas penetapan bunga pinjaman dengan basis tingkat suku bunga BI juga memberikan angin segar perseroan dalam penentuan kebijakan finansial perseroan.

Tahun 2013, dengan tambahan kapasitas dari Pabrik Tonasa unit 5, Perseroan memiliki kekuatan kapasitas produksi terpasang hingga 6 juta ton, sehingga Perseroan menargetkan penjualan semen bertumbuh 41,8% dari tahun 2012.

Tentang PT Semen Tonasa

PT Semen Tonasa merupakan perusahaan persemenan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terletak di Biring Ere Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1968. Saat ini, PT Semen Tonasa memiliki empat unit pabrik dengan kapasitas terpasang sebesar 6.000.000 ton semen per tahun.

Komposisi pemegang saham PT Semen Tonasa terdiri dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sebesar 99,9998% dan Koperasi Karyawan Semen Tonasa sebesar 0,0002%.

PT Semen Tonasa memproduksi semen yang dibuat dalam beberapa jenis sesuai kebutuhan pelanggan dengan merk dagang “Semen Tonasa”. Saat ini, perusahaan memperoduksi jenis PCC (Portland Composite Cement), OPC (Ordinary Portland Cement) atau tipe lain sesuai permintaan pelanggan.

Informasi lebih lanjut:
  • H.M Arifin, SH
    Sekretaris Perusahaan PT Semen Tonasa
    Telp: 0410-312345 ext. 1750
  • Ir. H.M Fajar Sidik, MM
    Kepala Biro Komunikasi PT Semen Tonasa
    Telp: 0410-312345 ext. 1117
    Website: www.sementonasa.co.id